Yang Baik Akan Abadi, Yang Buruk Akan Hilang (Surah ar-Ra’d: 17)

Mutiara Alquran

Yang Baik Akan Abadi, Yang Buruk Akan Hilang (Surah ar-Ra’d: 17)

Nusantaramengaji.com - Segala hal buruk yang merugikan orang lain, seperti kebatilan, kesesatan, kebohongan, penipuan pengkhianatan, kelicikan, kemunafikan, ketidakjujuran, dan lainnya akan lenyap bagaikan buih yang akan hanyut oleh air dan akhirnya menghilang ditelan masa
.
Akan halnya sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, seperti kebenaran, kejujuran, keikhlasan, akhlak yang mulia, kebaikan, dan lainnya akan terus abadi menjadi kenangan yang manis sepanjang masa.
 
Lihatlah air hujan yang turun dari langit ke lembah sesuai dengan kadarnya. Air mengalir membawa buih. Buih akhirnya menghilang. Sementara air akan meresap ke dalam tanah dan menjadi air sumber atau air terus mengalir, mengairi bumi, menggemburkan tanah, lalu menumbuhkan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia. 
 
Lihat juga logam seperti emas perak, tembaga, dan lain-lain yang akan dijadikan barang yang bermanfaat bagi manusia, ditempa terlebih dahulu di atas bara api. Bahan yang tidak bermanfaat akan disisihkan dan dibuang, sementara barang yang bermanfaat akan diambil.
 
Sungguh perumpamaan yang sangat akurat untuk dua hal, yaitu "Kebenaran dan Kebatilan”
 
Orang yang mempunyai kepekaan hati nurani akan mencermati perumpamaan ini dengan baik dan menjadikannya sebagai tolok ukur dalam melihat fenomena kehidupan. (ASM)
Yayasan Nusantara Mengaji
Gedung Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Lantai 2)
JL. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten Kode Pos 15412, Telp: 021-27599252, SMS / WA: 081212535126, BBM: 5EA14C00