Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Sahabat Nusantara Mengaji, doa merupakan cara seorang hamba berkomunikasi dengan Sang Khalik. Doa menjadi bukti kelemahan dan ketidakberdayaan seorang hamba. Meski terkadang manusia lupa untuk berdoa dikala dirinya merasa kuat dan berdaya, dianugerahi nasib mujur, bergelimang harta dan segalanya terpenuhi. Padahal manusia tetaplah lemah di hadapan Allah SWT.

Apapun keadaan seorang hamba, baik susah apalagi senang, berdoa bukanlah upaya yang sia-sia. Allah SWT berfirman :"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu…" (QS Al-Mu’min/Ghafir ayat 60). Bahkan karena cinta-Allah kepada Hamba-Nya, Ia memberi ‘bonus’ berupa ampunan dosa kepada hamba-Nya yang berdoa. Allah Ta’ala berfirman dalam sebuah hadits qudsi, “Wahai manusia, selagi engkau berdoa dan berharap kepada-Ku, aku mengampuni dosamu dan tidak aku pedulikan lagi dosamu” (HR. At Tirmidzi). Sekali lagi, sungguh Allah memahami keadaan manusia yang lemah. Sesungguhnya manusia senantiasa menantikan Rahmat-Nya.

Kemudian kapan dan di mana baiknya kita berdoa? Berikut Nusantara Mengaji akan memaparkan waktu dan momen tertentu yang sangat baik digunakan untuk berdoa. Check it out.

Dijelaskan Imam Al-Ghazali dalam karyanya Ihya Ulumuddin, beliau berkata :“Hendaklah mengamati atau memilih waktu-waktu yang baik untuk berdoa. Di antara waktu yang baik untuk berdo’a adalah hari Arafah (9 Zulhijjah), puasa Ramadhan, hari Jum’at, dan waktu menjelang Subuh.”

Kemudian Imam Al-Ghazali menambahkan:“Hendaklah mempergunakan kesempatan berdoa pada keadaaan-keadaan yang mulia. Berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, “Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka ketika perang fi sabilillah berkecamuk, turunnya hujan, dan ketika sholat wajib, maka perbanyaklah berdoa pada waktu itu.” 

Laiknya ibadah pada umumnya, doa juga memiliki waktu dan momen tertentu yang dianggap lebih utama dibanding waktu yang lain. Perlu digaris bawahi, hal ini bukan bermaksud untuk membatasi substansi doa itu sendiri. Sebab bagaimanapun, doa bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Karenanya, kita sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk berdoa kapanpun dan di manapun terutama di saat waktu-waktu utama tersebut di atas. Semoga segala doa kita dikabulkan oleh Allah SWT. Amin Ya Rabbal ‘Alamin. Semoga bermanfaat (Nusantara Mengaji)

Yayasan Nusantara Mengaji
Gedung Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Lantai 2)
JL. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten Kode Pos 15412, Telp: 021-27599252, SMS / WA: 081212535126, BBM: 5EA14C00