Umat Islam Harus Jaga Keutuhan Bangsa, Jangan Fahami Alquran Sepotong-potong

Nusantaramengaji.com - Gairah keagamaan masyarakat Indonesia tengah berkembang dengan penuh semangat. Karena itu perlu penguatan pemahanan keislaman secara keseluruhan agar tetap menjaga keutuhan bangsa, Cirebon, minggu (19/11).

Hal ini disampaikan Cak Imin saat menghadiri acara Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam indonesia (IKA PMII) yang bertajuk Cirebon Mengaji. "Umat islam harus menjadi umat islam rahmatan lil'alamin, yang terus menjaga keutuhan bangsa. Syaratnya adalah pehamaman keagamaan yang utuh. Sehingga memahami dan menafsirkan tidak sepotong potong. Tapi dengan segenap ilmu dibutuhkan," papar pria bernama lengka H. A. Muhaimin Iskandar ini.

Sebab menurutnya, tantangan besar bangsa ini adalah menghadapi benturan-benturan peradaban; Islam-barat maupun sosialis-kapitas. Di antara ghirrah kegamaan saat ini ada yang menumpang dan menarik bangsa ini untuk menjadi jihadis di negara2 lain, baik ke Thailand, Filipina, maupun Syuriah.

"Hal itu menujukkan mereka belum paham makna sesungguhnya mencapai surga," katanya lagi.

Karena itu melalui jeringan Nusantara Mengaji yang dikomandoi oleh H. Jazilul Fawaid, Cak Imin berharap permahaman terhadap Alquran akan terjaga dengan pehaman yang baik dan benar.

"Insya Allah melalui jejaring Nusantara Mengaji, dari Dewan Penasihat, Kornas, hingga para huffadz yang berada di daerah-daerah, akan membantu agar gairah keagamaan dalam jalur yg benar; shirotol mustaqim."

"Maka dengan khataman Alquran, menjadi ikhtiar sekaligus mujahadah  dan istighotsah kita. Kita menggerakkan batin untuk menyempurkan usaha-usaha kita," pungkasnya.

Acara IKA PMII ini diawali dengan khataman Alquran bersama aktifis PMII, santri, dan masyarakat Cirebon. Acara yang digelar di Masji Attaqwa Center ini mengkhatamkan Alquran hingga 100 kali khataman.
 

Yayasan Nusantara Mengaji
Gedung Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Lantai 2)
JL. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten Kode Pos 15412, Telp: 021-27599252, SMS / WA: 081212535126, BBM: 5EA14C00