Raih Pahala Haji Tanpa ke Tanah Suci

Oleh: Ahmad DH

Ibadah Haji merupakan rukun Islam yang kelima. Bagi ummat islam yang mampu diwajibkan menunaikannya, namun melihat kenyataan tidak semua orang bisa menunaikan ibadah wajib yang satu ini. Banyak faktor yang menghambat seorang muslim untuk memenuhi panggilan tersebut, mulai dari faktor ekonomi maupun faktor lainnya.

Namun bagi para muslim janganlah risau jikalau memang Allah tidak mentakdirkan untuk pergi ke tanah susci, ada ibadah lain yang nilai pahalanya sebanding dengan menunaikan ibadah haji, berikut ibadah yang bisa dilakukan agar mendapatkan pahala seperti menunaikan ibadah haji.

Rasulullah dalam Hadisnya bersabda “Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian dia duduk, dalam riwayat lain dikatakan: dia menetap di mesjid untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna“(HR at-Tirmidzi)

Pada Hadis yang lain dikisahkan bahwa suatu waktu Anas bin malik bercerita ada seorang laki-laki menemui Rasulullah SAW, lalu ia mengatakan, “Sesungguhnya aku ingin sekali berjihad, tetapi aku tidak memiliki kemampuan untuk itu.” Rasulullah SAW lalu bertanya kepadanya, “Apakah masih ada yang hidup di antara kedua orang tuamu?” Lelaki itu menjawab, “Ibuku.” Rasul pun kemudian mengatakan kepadanya, “Bertakwalah kepada Allah dengan berbuat baik kepada ibumu. Sebab, jika engkau melakukan itu, engkau adalah jamaah haji, umrah, dan mujahid (orang yang berjihad).” (HR Ath Thabrani dalam Al Mu'jam Al Ausath no 2915).

Hal lain yang bisa dilakukan agar mendapatkan pahala seperti menunaikan ibadah haji adalah menghadiri majelis ilmu di masjid, sebagaimana Hadis Nabi SAW, Dari Abu Umamah, Nabi saw bersabda," Barangsiapa pergi ke masjid, dia tidak menginginkan kecuali mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala seperti pahala orang haji sempurna hajinya.".

Dalam riwayat lain dengan redaksi, "Barangsiapa berangkat di pagi hari menuju masjid, ia tidak menginginkan kecuali untuk mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala orang yang melaksanakan umrah dengan umrah yang sempurna. Dan barangsiapa berangkat sore hari menuju masjid, ia tidak menginginkan kecuali mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya, maka ia mendapatkan pahala orang yang naik haji dengan haji yang sempurna."

Berzikir setelah shalat. Dari Abu Hurairah RA, ia bercerita bahwasanya orang-orang fakir dari kaum Muhajirin pernah mendatangi Rasulullah SAW, lalu mengadu, “Orang-orang kaya pergi membawa derajat yang tinggi dan tempat yang bergelimang nikmat. Nabi bertanya, “Apa itu?” Mereka berkata; Mereka shalat sama seperti kami shalat dan mereka berpuasa sama seperti kami berpuasa. Hanya saja, (bedanya) mereka memiliki kelebihan harta sehingga mereka bisa menunaikan ibadah haji, umrah, berjihad, dan bersedekah (dengan hartanya, sementara kami tidak bisa karena miskin).

Bagi para muslim yang belum mendapatkan panggilan untuk pergi ke tanah suci jangan bersedih, mari lakukan amalan dan ibadah di atas agar kita bisa mendapatkan pahala setara dengan pahala orang yang sedang berhaji dan berumrah. Namun Perlu diingat, amal-amal ini tidak bisa menggugurkan kewajiban berhaji, bila Allah sudah memberikan peluang segera raih, jangan menundanya. Semoga bermanfaat.

Yayasan Nusantara Mengaji
Gedung Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Lantai 2)
JL. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten Kode Pos 15412, Telp: 021-27599252, SMS / WA: 081212535126, BBM: 5EA14C00