Kurikulum Pendidikan Untuk Anak-anak (Surat Luqman:13-19)

Mutiara Alquran
Foto: 
Ilustrasi Oase Alquran/foto:nusantaramengaji.com

Kurikulum Pendidikan Untuk Anak-anak (Surat Luqman:13-19)

Nusantaramengaji.com - Allah mengabadikan wasiat Luqman kepada anak-anaknya. Wasiatnya mencakup tiga hal pokok: akidah,syari'ah dan akhlak.
Metode yang digunakan berupa perintah dan larangan tapi disertai dengan alasan yang masuk akal. Mari kita simak dan resapi.

  1. Jangan kau sekutukan Allah: karena syirik adalah kezaliman yang besar;
  2. Berbuat baiklah kepada kedua orang tua dan bersyukurlah, karena orang tuamulah menyebabkan kamu terlahir ke dunia.  Mereka telah mengasuhmu semenjak dari dalam kandungan sampai kau besardalam suka dan duka, tak mengenal lelah. Jika kedua orang tuamu mengajakmu untuk menyekutukan Allah, janganlah kamu ikuti mereka, namun kamu tetap harus menghormati mereka.
  3. Ikutilah jalan kehidupan orang orang saleh, karena semua manusia akan kembali kepada Allah dan Allah akan menghisab perbuatan mereka, baik yang besar maupun yang kecil;
  4. Laksanakan salat sebagai bukti kepatuhanmu kepada Allah;
  5. Ajaklah orang untuk berbuat baik dan cegahlah mereka melakukan kemungkaran;
  6. Bersabarlah terhadap setiap musibah, inilah hal yang sangat penting kau perhatikan;
  7. Jangan congkak dan sombong dengan perilakumu, berjalanlah dengan wajar, jangan dibuat-buat, karena Allah tidak  suka orang yang berperilaku seperti itu;
  8. Jangan kau berbicara dengan suara keras, karena kau tak ubahnya seperti himar yang suaranya memekakkan telinga dan sangat tidak enak untuk didengarkan.

Al Qur'an menampilkan sosok Luqman sebagai pendidik yang ulung. Ia mengetahui apa yang harus dilakukan seorang ayah terhadap anak-anaknya. Wasiat Luqman berlaku universal untuk sepanjang zaman. Bisa dijadikan pegangan semua orang tua. Semua institusi pendidikan. Singgah al Qur'an adalah kitab tarbiyah yang agung.
 

Yayasan Nusantara Mengaji
Gedung Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Lantai 2)
JL. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten Kode Pos 15412, Telp: 021-27599252, SMS / WA: 081212535126, BBM: 5EA14C00