Kado Istimewa Lailatul Qadr

Mutiara Alquran
Foto: 
Ilustrasi/nusantaramengaji

Kado Istimewa Lailatul Qadr

Nusantaramengaji.com -  Lailatul Qadr. Lailah artinya malam. Qadr adalah kemuliaan. Jadi Lailatul Qadr adalah malam yang mempunya kadar, nilai sehingga begitu menjadi mulia dan berharga. Kecintaan dan kebanggaan Allah kepada Nabi Muhammad  merembet ke umat beliau yaitu dengan memberikan bonus yang luar biasa bagi setiap kebaikan yang dilakukannya. Bonus itu bermacam macam.

Pertama: Bonus umum yaitu pelipat gandaan setiap kebaikan menjadi 10x  kebaikan ( al An'am;  160), seperti ketika seorang membaca satu huruf dari Alquran. Bahkan pelipat gandaan itu lebih dari 10x tergantung besarnya pengorbanan. Seperti orang berinfak karena Allah (fi sabilillah) akan dilipat gandakan sampai 700x.(al Baqarah:210  ). Bahkan lebih besar dari itu seperti infaknya para sahabat dari generasi pertama sebelum pembukaan kota Mekah (tahun ke 8 hijriah).

Penghargaan Allah kepada mereka sangat tinggi dan fantastis . Makanan seberat  1 mud (sekitar 2/3 kg) yang mereka infakkan fi sabilillah lebih tinggi nilainya dari infak emas sebesar gunung Uhud sebagaimana kata Nabi. Karena saat itu, adalah saat yangg paling penting dan saat yang pahit dan menentukan dalam kehidupan dakwah dibandingkan dengan proses dakwah atau perjuangan setelah pembukaan kota Mekah .( al Hadid:10). Atau juga infak kepada yang sangat membutuhkan atau karena yang  berinfak itu sendiri mempunyai sifat kikir dan sangat membutuhkan untuk dirinya sendiri ( sahihun syahihun seperti kata Nabi).

Kedua: Bonus mingguan seperti membaca surah Kahfi pada hari jum'at yang bisa memberikan cahaya kepada prmbacanya selama satu minggu. Ketiga: bonus tahunan seperti berbuat baik pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah yg pahalanya tidak bisa dikalahkan oleh yg lainnya kecuali oleh seorang yg berperang dengan menggunakan biaya sendiri kemudian dia mati syahid. Termasuk dalam katagori ini adalah berbuat baik di malam hari.

Lailatul Qadr yang kadarnya melebihi 1000x  dari  amalan baik dilain malam Qadr itu. Kenapa demikian? Bisa jadi Allah ingin mengingatkan kepada umat islam akan keagungan Alquran sebagai kitab suci terakhir.  Diharapkan umat islam lebih menghayati lagi peran kitab suci ini sebagai pedoman hidup mereka. Boleh jadi juga karena pada malam Qadr itu bertepatan dengan kebijakan Allah untuk menentukan ajal dan rizki setiap orang selama satu tahun berikutnya.

Besarnya peran Lailatul Qadr ini bisa dilihat dari perilaku alam semesta yang hening dan damai. Jumlah para Malaikat  termasuk pimpinannya yaitu Malaikat Jibril pada turun ke bumi dalam jumlah yang sangat besar sehingga  tidak bisa terhitung lagi banyaknya. Mereka ikut terlibat dalam hari besar tahunan ini sebagaimana yg diperintahkan oleh Allah. Jika para malaikat ikut meramaikan Lailatul Qadr ini, manusia mestinya ikut bersama mereka. Sehingga lailatul qadr ini menjadi perayaan bersama antara manusia dan malaikat.

Berbahagialah bagi mereka yang bisa menemukannya dengan mengisi malam itu dengan semua bentuk ibadah seperti: salat malam, membaca Al Qur'an, i'tikaf, dzikir qalbi ( perenungan spiritual) atau lisani yaitu membaca wirid2, doa2 dan lain sebagainya. Sebaliknya mereka yang tidak mendapatkannya akan merasakan kerugian yang besar, karena bonus ini dibagikan oleh hanya satu tahun sekali. اللهم أسعدنا بليلة القدر وأغظم لنا فيها الاجر انك على كل شئ قدير وبالاجابة جدير (ASM) JEDDAH.15.6.2017.
 

Yayasan Nusantara Mengaji
Gedung Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Lantai 2)
JL. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten Kode Pos 15412, Telp: 021-27599252, SMS / WA: 081212535126, BBM: 5EA14C00