Fungsi Al-Quran (Surat Al Isra’: 9)

Mutiara Alquran
Foto: 
Ilustrasi NM

Fungsi Al-Quran (Surat Al Isra’: 9)

Nusantaramengaji.com - Fungsi Al-Qur’an yang paling utama adalah “Hidayah” yaitu memberikan petunjuk, bimbingan kepada umat manusia menuju ke jalan kehidupan yang lebih lurus, baik dalam hubungan antar manusia dan Allah atau manusia dan manusia. Manusia tidak mampu mengatur tentang hal itu karena: 
 
1) Keterbatasan ilmu pengetahuannya, 
 
2) Masih terpengaruh oleh hawa nafsunya; 3) Agama mengatur hal yang zahir dan hal yang gaib. Manusia tidak mempunyai akses ke hal yang gaib; 
 
3) Manusia harus beribadah kepada Allah, tapi manusia tidak mengerti bagaimana cara beribadah. Dalam Al-Qur’an ada aspek perintah dan larangan. Maka muncul janji dan peringatan. Allah berjanji kepada mereka yang beriman dan beramal saleh, dengan pahala yang besar.
 
Puncaknya adalah surga yang penuh dengan kenikmatan. Dan memberi peringatan kepada mereka yang mengingkari adanya hari akhirat dengan azab yang amat pedih (yang penuh dengan penderitaan). (NM)
Yayasan Nusantara Mengaji
Gedung Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Lantai 2)
JL. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten Kode Pos 15412, Telp: 021-27599252, SMS / WA: 081212535126, BBM: 5EA14C00