Anak-anak di Gaza Isi Liburan dengan Kegiatan Quranic Camp

Nusantaramengaji.com - Para orang tua di Gaza, Palestina, dan Timur Tengah  secara umum saat ini memiliki minat yang tinggi untuk menjadikan anak-anaknya seorang penghafal Alquran. Mereka mengikutkan anak-anaknya dalam program Quranic Camp sat liburan tiba.

Hal itu disampaikan Ketua Association of Palestine Scholars Abroad atau Majelis Ulama Palestina Luar Negeri,  Nawaf Takruri saat bertandang ke redaksi republika.

Menurut Nawaf,  Camp merupakan perkemahan anak-anak saat musim libur sekolah. Kegiatan utama dalam Quranic Camp yakni menghafal Alquran.

"Tren kami yaitu Quranic Camp, saat liburan panjang menghafal Alquran secara berbondong-bondong," tutur Ketua Majelis Ulama Palestina Luar Negeri, Nawaf Takruri saat bersilahturami ke Republika, Senin (9/10).

Lebih lanjut  Nawaf menjelaskan, Quranic Camp tidak hanya menjadi tren di Gaza, namun juga di Timur Tengah. Nawaf menilai metode hapalan Alquran di Gaza kemungkinan lebih baik, karena dilakukan secara komunal. Hampir setiap rumah menghafal dan melakukan kajian mengenai makna Alquran.

"Saat ini ada sekitar 40 ribu orang penghafal Alquran," ujar Nawaf.

Nawaf mengatakan anak-anak di Gaza memahami kitab suci dalam kondisi serba tertekan dan terisolasi. Dalam kondisi seperti itu, terbentuk sebuah keyakinan bahwa mereka akan dapat melawan penjajah dengan memahami Alquran.

"Makanya kami berusaha memahami surat Al-Isra. Di situ disebutkan Quran ini memberikan petunjuk ke jalan yang tepat dan lurus. Kejayaan di dunia dan di akhirat melalui Alquran, sehingga wajar membutuhkan Alquran," ujar Nawaf. (NM)
 

Yayasan Nusantara Mengaji
Gedung Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Lantai 2)
JL. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten Kode Pos 15412, Telp: 021-27599252, SMS / WA: 081212535126, BBM: 5EA14C00