Alquran Sebagai Penyembuh Semua Penyakit

Mutiara Alquran
Foto: 
ilustrasi

Alquran Sebagai Penyembuh Semua Penyakit

Nusantaramengaji.com - Allah berfirman dalam surah Al-Isra’ ayat 82

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya; Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menyatakan; Al-Qur’an merupakan obat penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Yakni, dapat menghilangkan berbagai macam penyakit di dalam hati, misalnya keraguan, kemunafikan, kemusyrikan dan penyimpangan, maka al-Qur’an akan menyembuhkan itu semua, sekaligus sebagai rahmat yang membawa dan mengantarkan kepada keimanan, hikmah dan melahirkan keinginan untuk mencari kebaikan. Dan hal itu tidak berlaku kecuali bagi orang yang beriman, membenarkan, dan mengikutinya, maka ia akan menjadi penyembuh dan rahmat.

Dalam sebuah hadis disebutkan pula; “Dari Abu Sa’id Al-Khudri, bahwa ada sekelompok sahabat Rasulullah SAW dahulu berada dalam perjalanan safar, lalu melewati suatu kampung Arab. Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung tersebut enggan untuk menjamu. Penduduk kampung tersebut lantas berkata pada para sahabat yang mampir, ‘Apakah di antara kalian ada yang bisa meruqyah karena pembesar kampung tersebut tersengat binatang atau terserang demam.’

Di antara para sahabat lantas berkata, ‘Iya ada.’ Lalu ia pun mendatangi pembesar tersebut dan ia meruqyahnya dengan membaca surat Al-Fatihah. Pembesar tersebut pun sembuh. Lalu yang membacakan ruqyah tadi diberikan seekor kambing, namun ia enggan menerimanya dan disebutkan, ia mau menerima sampai kisah tadi diceritakan pada Nabi SAW. Lalu ia mendatangi Nabi SAW dan menceritakan kisahnya tadi pada beliau. Ia berkata, ‘Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surat Al-Fatihah.’ Rasulullah SAW lantas tersenyum dan berkata, ‘Bagaimana engkau bisa tahu Al-Fatihah adalah ruqyah?’ Beliau pun bersabda, ‘Ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian’” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam kitab An-Nawadir karya Syekh Syihabubuddin bin Salamah Al-Qulyubi disebutkan; Diriwayatkan bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda ; Jibril mengajariku  sebuah obat dengannya saya tidak lagi butuh pada obat lain dan dokter. Kemudian Abu Bakr, Umar, Utsman dan Ali, bertanya ; Apa itu, wahai Rasulullah? Sesungguhnya kami membutuhkan obat tersebut. Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda; Ambillah air hujan secukupnya, dan  bacakanlah atasnya surat Al-Fatihah, Al-Ikhlash, Al-Falaq, An-Naas, dan  ayat Al-Kursiy. Masing-masing dibaca sebanyak 70 kali. Diminum pagi dan  sore selama 7 hari.

Demi Dzat yang telah mengutusku dengan hak  sebagai seorang Nabi, sungguh Jibril telah berkata kepadaku : " Sesungguhnya, barang siapa meminum air tersebut, maka Allah akan  menghilangkan segala penyakit dari tubuhnya. Dan Allah akan menyembuhkan  dari semua macam sakit. Dan barangsiapa pula meminumkan air tersebut  pada istrinya, lalu tidur bersama dengan sang istri , maka istri akan  bisa hamil dengan idzin Allah.

Dan air tersebut juga bisa  menyembuhkan mata yang sakit, menghilangkan guna-guna, santet dan sihir,  menghilangkan dahak, menyembuhkan sakit dada, sakit gigi, pencernaan,  sembelit, kecing tidak lancar. dan tidak butuh dibekam (canduk) dan  kemanfaatan-kemanfaatan lain yang hanya Allah yang tahu.

Dengan demikian, tidaklah perlu diragukan lagi bahwa ayat-ayat maupun surah-surah yang ada dalam Alquran dapat menyembuhkan segala  penyakit jasmani maupun rohani. Kita dapat mengambil manfaat darinya baik untuk kepentingan duniawi mapun ukhrawi tentunya sebagai petunjuk agar kita tidak salah jalan yang dapat menyebabkan kerugian lahir dan bathin seperti yang dialami oleh orang-orang kafir dan munafik. Wallahu A’lam Bisshowab.

Yayasan Nusantara Mengaji
Gedung Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Lantai 2)
JL. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten Kode Pos 15412, Telp: 021-27599252, SMS / WA: 081212535126, BBM: 5EA14C00