4 Keistimewaan Membaca Alquran

Sahabat Nusantara Mengaji, Mengapa kita dianjurkan membaca Alquran? Mengapa orang yang membaca Alquran disebut mereka yang beruntung? Yuk simak keutamaan membaca Alquran berikut ini.

Bismillahirrahmanirrahim,

Membaca Alquran memiliki keutamaan di atas zikir dan doa lainnya. Disebutkan oleh Imam Nawawi (Ulama Damaskus/Suriah, w 676 H) bahwa membaca Alquran merupakan zikir paling utama. Tentu diiringi dengan mentadabburi (merenungi kandungan) bacaan tersebut dan mengamalkannya. Firman Allah SWT.

Artinya:Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan (merenungkan) ayat-ayatNya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran. (QS. Shaad : ayat 29).

 Meski bagi kita sulit memahami kandungan ayat, namun adab (tata krama) dalam membacanya sangat membantu seseorang meresapi kedekatan dirinya dengan Alquran.

Selain sebagai zikir paling utama, keistimewaan membaca Alquran sangat jelas disebutkan di dalam Alquran dan sabda Rasulullah SAW, yaitu :

Pertama, Allah melipatgandakan pahala orang yang membaca Alquran sebanyak sepuluh kali lipat.

Informasi ini kita peroleh dari Abdullah bin Masud RA, ia berkata : “Rasulullah SAW pernah bersabda, barangsiapa membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dilipatkgandakan sepuluh, saya (kata Rasulullah) tidak berkata aliflammim itu satu huruf, namun alif itu satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.”

Kedua, Pahala yang sempurna dan tambahan karunia dari Allah SWT.

Hal ini dapat kita ketahui dari firman Allah berikut ini.

Artinya:Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.

Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (QS Faathir 29-30)

Ketiga, Para malaikat ikut mendoakan.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah SAW bahwa Allah juga sangat mengutamakan orang-orang yang membaca Alquran dengan cara mengirimkan para malaikat untuk turut berdoa bersama mereka.

Dari Humaid Al Araj RA berkata : “Barangsiapa membaca Alquran kemudian berdoa, maka 4.000 malaikat mengaminkan doa’nya”. (H.R. Addarimi)

Keempat, Penyelamat (pemberi Syafa’at) di akhirat. Selain itu, bacaan Alquran menjadi penyelamat bagi para pembacanya kelak dihari akhir, sebagaimana disampaikan dalam hadits riwayat at-Turmudzi, yang artinya :

Dari Umamah Albahili sesungguhnya Rasulullah bersabda : “Bacalah Alquran sesungguhnya kelak di hari kiamat Alquran akan datang sebagai pembawa syafa’at bagi pembacanya.”

Sungguh orang yang gemar membaca Alquran adalah orang-orang pilihan dan mereka yang utama. Yuk, gemar membaca dan mengkhatamkan Alquran. Semoga Bermanfaat. (Nusantara Mengaji)

Yayasan Nusantara Mengaji
Gedung Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Lantai 2)
JL. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten Kode Pos 15412, Telp: 021-27599252, SMS / WA: 081212535126, BBM: 5EA14C00